Penjelasan Ubuntu Server





Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan di distribusikan sebagai perangkat lunak yang bebas atau secara gratis. Ubuntu adalah sistem operasi bebas yang lengkap dan open source berbasis GNU/Linux Debian, yang mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli. Ubuntu merupakan proyek yang didanai oleh Canonical Ltd. milik Mark Shuttleworth. Ubuntu berasal dari bahasa Zulu dan Xhosa yang dalam bahasa Inggris berarti "Humanity Towards Other" bisa di artikan sebagai "Rasa Kemanusian Terhadap Sesama". Ubuntu dapat digunakan untuk desktop maupun server. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC (Intel x86), PC 64-bit (AMD64), PowerPC (Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5), Sun UltraSPARC dan T1 (Sun Fire T1000 dan T2000). Distro ini di rilis secara teratur dalam jangka waktu setiap enam bulan sekali. Distro ini menggunakan Gnome sebagai windows managernya.

Filosofi yang dianut oleh Ubuntu itu sendiri adalah:

1.      Setiap pengguna komputer harus mendapat kebebasan untukmenjalankan, mengcopy, mendistribusikan, mempelajari, berbagi perangkat lunak, mengubah dan meningkatkan perangkat lunak yang mereka miliki untuk tujuan apapun, tanpa harus membayar biaya lisensi.

2.      Setiap pengguna komputer harus dapat menggunakan perangkat lunak dalam bahasa yang mereka  pilih sendiri.

3.     Setiap pengguna komputer harus mendapatkan kesempatan yang sama untuk menggunakan perangkat lunak, meskipun mereka memiliki keterbatasan fisik.

Ubuntu bertujuan menciptakan distro yang selalu up-to-date untuk desktop dan server. Dengan fokus pada kualitas, maka Ubuntu menghasilkan sistem yang handal, kaya dengan fitur-fitur yang dapat digunakan baik itu untuk perorangan maupun secara komersial. Saat ini Ubuntu dirilis dalam tiga versi yaitu versi Desktop yang bisa juga disebut dengan Ubuntu Live CD, dengan versi Desktop ini kita bisa langsung menggunakan Ubuntu dan bisa juga digunakan untuk menginstall ke komputer. Versi Alternate, yang merupakan versi installer dari Ubuntu, versi selanjutnya adalah Ubuntu Server, dimana versi ini hanya akan menginstall package-package minimal yang dibutuhkan untuk menjalankan Ubuntu. Ubuntu pertama kali rilis pada bulan oktober 2004, yang diberi nama ubuntu 4.10 dengan kode rilisnya warthy warthog. Penamaan dari setiap rilis Ubuntu ini diambil dari tahun dan bulan dirilisnya. Sebagai contoh, Ubuntu 7.04, dirilis tahun 2007 (angka 7) pada bulan April (angka 04). Untuk fitur Ubuntu terdiri dari banyak paket, kebanyakan berasal dari distribusi di bawah lisensi software bebas. Namun, beberapa software khususnya driver menggunakan Proprietary software. Lisensi yang dipakai pada umumnya adalah GNU General Public License (GNU GPL) dan GNU Lesser General Public License (GNU LGPL), dengan tegas menyatakan bahwa pengguna dengan bebas dapat menjalankan, menggandakan, mempelajari, memodifikasi dan mendistribusikan tanpa pembatasan apapun. Ubuntu berfokus pada ketersediaan kegunaan pada orang disfungsi, keamanan dan stabilitas. Ubuntu juga berfokus pada internasionalisasi dan aksesbilitas untuk dapat menjangkau sebanyak-banyaknya orang. Ubuntu terinstall dengan banyak software multiguna diantaranya perangkat dokumen (libreoffice, openoffice (sebelum 11.04), perambaan (mozilla firefox), E-mail browser (mozilla thunderbird, evolution), game-game ringan (sudoku) dll. Sekian dulu ya artikel tentang ubuntunya maaf jika ada kata-kata yang salah atau info tentang ubuntunya kurang lengkap.

Share this

Related Posts

First

1 komentar:

komentar